Monday, December 30, 2013
0
Bagi sebagian orang, bahkan pengusaha yang berpengalamanpun untuk memunculkan ide-ide kreatif itu bukanlah suatu proses yang mudah. Namun, setiap orang bisa melakukannya termasuk anda. Masalahnya adalah bagaimana bisa menggenerasikan sebuah ide yang kreatif tersebut.

Untuk menjadi orang pandai dalam menelurkan ide-ide yang brilian, anda tidak perlu menjadi orang yang jenius atau cerda luar biasa, terkadang orang yang cerdas (pandai ) itulah yang mengalami kesulitan dalam menemukan ide kreatif dan orang yang biasa bisa saja (medioker) justru mampu mengeluarkan ide-ide kreatif yang brilian. Banyak orang yang berkata,” bisnis yang baik apa yang harus saya mulai ?”. seharusnya anda memulai dari menemukan ide kreatif terlebih dahulu sebelum memulai sebuah bisnis.

Inilah kerangka dan tahapan penting dalam mendapatkan ide-ide brilian, yaitu :
  1. Mulailah berpikir dengan otak kanan agar sering berpikir kreatif.
  2. Sering mencatat untuk menambah memory di toolbox anda
  3. Jangan fokus pada kegagalan, tetapi fokuslah pada kemungkinan
  4. Mau mencari  hal-hal yang baru dan berkreasi dalam imajinasi anda
  5. Baca kisah sukses orang lain
Mulailah berpikir dengan otak kanan agar sering berpikir kreatif.
Proses berpikir kreatif yang menggunakan otak kanan anda akan mempercepat anda menjadi yang kreatif. Inilah langkah-langkahnya.
Seringlah berimajinasi untuk mencari cara menyelasian yang tidak lazim dan mungkin keliharan aneh.Lengkapilah toolbox anda setiap hari, menimal satu atau dua cara mengelesaian yang unik dari berbagai media yang anda baca sebagai bahan onspirasi.Dorong penggunaan otak kanan anda sesering mungkin. Otak itu seperti layaknya otot anda semakin sering digunakan maka akan semakin berkembang.Kurangi dan hilangkan faktor-faktor penghambat dalammengembangan kreatifitas anda seperti sering duduk terlalu lama,bermalas-malasan, sikap yang tidak positif, keingin tahuan yang rendah dan terlalu menghitung untung dan rugi terlebih dahulu.

Sering mencatat untuk menambah memory di toolbox anda 
Banyak orang yang suka mencatat dan melatih daya ingatnya dengan cara merangsang pikiran-pikiran yang intuitif dengan cara mencatat hal apa saja yang telah dilakukan pada hari ini. Orang kreatif selalu melakukan hal tersebut untuk dipelajari dan di ingat dalam usaha menambah rantai asosiasi pemecahan masalah yang ada pada toolbox anda.
 
Jangan fokus pada kegagalan, tetapi fokuslah pada kemungkinan 
Kebanyakan orang yang gagal dalam menemukan ide bisnis  itu disebabkan karena ia merasa takut berbuat kesalahan dan hal-hal yang baru. Justru dari perubahan itulah yang merupakan sumber inspirasi yang paling banyak menghasilkan inspirasi dan ide-ide  kreatif. Jadi jangan fokus pada kegagalan, kelemahan anda dan kekurangan. Fokuslah pada kekuatan yang ada dalam diri anda sebagai langkah awal dalam proses menemukan ide kreatif .

Mau mencari hal-hal yang baru dan berkreasi dalam imajinasi anda 
Seringlah menggunakan pikiran-pikiran “liar” atau imajinatif dan melihat hal-hal yang ‘in’ di pasar, ‘hot’ dibicarakan di tempat  yang belum pernah anda datangi. Kuncinya adalah sering berkata ‘why..?’ lebih dari 5 kali dalam sehari.
 
Baca kisah sukses orang lain 
Dengan seringnya anda baca kisah sukses dari orang lain, maka’ rekening memori anda akan terus terisi penuh dengan kata-kata motivasi .

Bila anda lakukan dengan seorang kontinyu, maka …. Niscaya anda bisa menjadi yang kreatif



0 komentar:

Post a Comment

Udah baca artikel nya? Gimana pendapat kalian? Ayo comment selama masih gratis haha. Jangan jadi silent reader bro :)