َعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( إِنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ أَبِي
حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ فَقَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
إِنَّ دَمَ
اَلْحَيْضِ دَمٌ أَسْوَدُ يُعْرَفُ فَإِذَا كَانَ ذَلِكَ فَأَمْسِكِي مِنَ
اَلصَّلَاةِ فَإِذَا كَانَ اَلْآخَرُ فَتَوَضَّئِي وَصَلِّي )
رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ
وَاسْتَنْكَرَهُ أَبُو حَاتِم
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Fatimah binti Abu
Hubaisy sedang keluar darah penyakit (istihadlah). Maka bersabdalah Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepadanya: Sesungguhnya darah haid adalah darah
hitam yang telah dikenal. Jika memang darah itu yang keluar maka berhentilah
dari shalat namun jika darah yang lain berwudlulah dan shalatlah. Riwayat Abu
Dawud dan Nasa'i. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim. Abu Hatim
mengingkari hadits ini.
َوَفِي حَدِيثِ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ عِنْدَ أَبِي دَاوُدَ: (
لِتَجْلِسْ فِي مِرْكَنٍ فَإِذَا رَأَتْ صُفْرَةً فَوْقَ اَلْمَاءِ فَلْتَغْتَسِلْ
لِلظُّهْرِ وَالْعَصْرِ غُسْلاً وَاحِدًا وَتَغْتَسِلْ لِلْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ
غُسْلاً وَاحِدًا وَتَغْتَسِلْ لِلْفَجْرِ غُسْلاً وَتَتَوَضَّأْ فِيمَا بَيْنَ
ذَلِكَ )
Dalam hadits Asma binti Umais menurut riwayat Abu Dawud:
Hendaklah dia duduk dalam suatu bejana air. Maka jika dia melihat warna kuning
di atas permukaan air hendaknya ia mandi sekali untuk Dhuhur dan Ashar mandi
sekali untuk Maghrib dan Isya' dan mandi sekali untuk shalat subuh dan berwudlu
antara waktu-waktu tersebut.
َوَعَنْ
حَمْنَةَ بِنْتِ جَحْشٍ قَالَتْ: ( كُنْتُ أُسْتَحَاضُ حَيْضَةً كَبِيرَةً
شَدِيدَةً فَأَتَيْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَسْتَفْتِيهِ فَقَالَ:
إِنَّمَا هِيَ رَكْضَةٌ مِنَ
اَلشَّيْطَانِ فَتَحَيَّضِي سِتَّةَ أَيَّامٍ أَوْ سَبْعَةً ثُمَّ اِغْتَسِلِي
فَإِذَا اسْتَنْقَأْتِ فَصَلِّي أَرْبَعَةً وَعِشْرِينَ أَوْ ثَلَاثَةً وَعِشْرِينَ
وَصُومِي وَصَلِّي فَإِنَّ ذَلِكَ يُجْزِئُكَ وَكَذَلِكَ فَافْعَلِي كَمَا تَحِيضُ
اَلنِّسَاءُ فَإِنْ قَوِيتِ عَلَى أَنْ تُؤَخِّرِي اَلظُّهْرَ وَتُعَجِّلِي
اَلْعَصْرَ ثُمَّ تَغْتَسِلِي حِينَ تَطْهُرِينَ وَتُصَلِّينَ اَلظُّهْرَ
وَالْعَصْرِ جَمِيعًا ثُمَّ تُؤَخِّرِينَ اَلْمَغْرِبَ وَتُعَجِّلِينَ اَلْعِشَاءِ
ثُمَّ تَغْتَسِلِينَ وَتَجْمَعِينَ بَيْنَ اَلصَّلَاتَيْنِ فَافْعَلِي.
وَتَغْتَسِلِينَ مَعَ اَلصُّبْحِ وَتُصَلِّينَ. قَالَ: وَهُوَ أَعْجَبُ اَلْأَمْرَيْنِ إِلَيَّ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا
النَّسَائِيَّ وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ اَلْبُخَارِيّ
Hamnah binti Jahsy berkata: Aku pernah mengeluarkan darah
penyakit (istihadlah) yang banyak sekali. Maka aku menghadap Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam untuk meminta fatwanya. Beliau bersabda: Itu hanya gangguan
dari setan. Maka anggaplah enam atau tujuh hari sebagai masa haidmu kemudian
mandilah. Jika engkau telah bersih shalatlah 24 atau 23 hari berpuasa dan
shalatlah karena hal itu cukup bagimu. Kerjakanlah seperti itu setiap bulan
sebagaimana wanita-wanita yang haid. Jika engkau kuat untuk mengakhirkan shalat
dhuhur dan mengawalkan shalat Ashar (maka kerjakanlah) kemudian engkau mandi
ketika suci dan engkau shalat Dhuhur dan Ashar dengan jamak. Kemudian engkau
mengakhirkan shalat maghrib dan mengawalkan shalat Isya' lalu engkau mandi pada
waktu subuh dan shalatlah. Beliau bersabda: Inilah dua hal yang paling aku
sukai. Diriwayatkan oleh Imam Lima kecuali Nasa'i. Shahih menurut Tirmidzi dan
hasan menurut Bukhari.
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّ أُمَّ حَبِيبَةَ بِنْتَ جَحْشٍ شَكَتْ
إِلَى رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم اَلدَّمَ فَقَالَ: اُمْكُثِي قَدْرَ مَا كَانَتْ تَحْبِسُكِ حَيْضَتُكِ ثُمَّ
اِغْتَسِلِي فَكَانَتْ تَغْتَسِلُ كُلَّ صَلَاةٍ )
رَوَاهُ مُسْلِم
Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu bahwa Ummu Habibah binti
Jahsy mengadukan pada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tentang darah
(istihadlah. Beliau bersabda: Berhentilah (dari shalat) selama masa haidmu
menghalangimu kemudian mandilah. Kemudian dia mandi untuk setiap kali shalat.
Diriwayatkan oleh Muslim.
َوَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ: ( وَتَوَضَّئِي لِكُلِّ صَلَاةٍ )
وَهِيَ لِأَبِي دَاوُدَ وَغَيْرِهِ مِنْ وَجْهٍ آخَرَ.
Dalam suatu riwayat milik Bukhari: Dan
berwudlulah setiap kali shalat. Hadits tersebut juga menurut riwayat Abu Dawud
dan lainnya dari jalan yang lain.
َوَعَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كُنَّا لَا
نَعُدُّ اَلْكُدْرَةَ وَالصُّفْرَةَ بَعْدَ اَلطُّهْرِ شَيْئًا ) رَوَاهُ
اَلْبُخَارِيُّ وَأَبُو دَاوُدَ وَاللَّفْظُ لَه
Ummu Athiyyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Kami tidak
menganggap apa-apa terhadap cairah keruh dan warna kekuningan setelah suci.
Riwayat Bukhari dan Abu Dawud. Lafadznya milik Abu Dawud.
َوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلْيَهُودَ كَانُوا إِذَا حَاضَتْ
اَلْمَرْأَةُ لَمْ يُؤَاكِلُوهَا فَقَالَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
اِصْنَعُوا كُلَّ شَيْءٍ إِلَّا اَلنِّكَاحَ )
رَوَاهُ مُسْلِم
Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa orang yahudi jika ada
seorang perempuan di antara mereka yang haid mereka tidak mengajaknya makan
bersama. Maka Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Kerjakanlah segala
sesuatu kecuali bersetubuh. Diriwayatkan oleh Muslim.
َوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ
اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْمُرُنِي فَأَتَّزِرُ فَيُبَاشِرُنِي وَأَنَا
حَائِضٌ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah menyuruh kepadaku mengenakan kain dan aku
laksanakan lalu beliau menyentuhkan badannya kepadaku padahal aku sedang haid.
Muttafaq Alaihi.
َوَعَنِ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
-فِي اَلَّذِي يَأْتِي اِمْرَأَتَهُ وَهِيَ حَائِضٌ- قَالَ:
( يَتَصَدَّقُ بِدِينَارٍ أَوْ نِصْفِ
دِينَارٍ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَصَحَّحَهُ
اَلْحَاكِمُ وَابْنُ اَلْقَطَّانِ وَرَجَّحَ غَيْرَهُمَا وَقْفَه
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu dari
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tentang orang yang mencampuri istrinya
ketika dia sedang haid. Beliau bersabda: Ia harus bersedakan satu atau setengah
dinar. Riwayat Imam Lima. Shahih menurut Hakim dan Ibnul Qaththan dan mauquf
menurut yang lainnya.
َوَعَنْ أَبِي
سَعِيدٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم (
أَلَيْسَ
إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ؟ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ فِي حَدِيث
Dari Abu Said Al-Khudry bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi
wa Sallam bersabda: Bukankah wanita itu jika datang haid tidak boleh shalat dan
berpuasa. Muttafaq Alaihi dalam hadits yang panjang.
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( لَمَّا جِئْنَا سَرِفَ حِضْتُ
فَقَالَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم اِفْعَلِي مَا يَفْعَلُ اَلْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لَا
تَطُوفِي بِالْبَيْتِ حَتَّى تَطْهُرِي ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ فِي حَدِيث
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Ketika kami telah tiba di
desa Sarif (terletak di antara Mekah dan Madinah) aku datang bulan. Maka Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Lakukanlah apa yang dilakukan oleh
orang haji namun engkau jangan berthawaf di Baitullah sampai engkau suci.
Muttafaq Alaihi dalam hadits yang panjang.
َوَعَنْ
مُعَاذٍ رضي الله عنه ( أَنَّهُ سَأَلَ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم مَا يَحِلُّ
لِلرَّجُلِ مِنِ اِمْرَأَتِهِ وَهِيَ حَائِضٌ؟ قَالَ: مَا فَوْقَ اَلْإِزَارِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَضَعَّفَه
Dari Muadz Ibnu Jabal
Radliyallaahu 'anhu bahwa dia bertanya kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam tentang apa yang dihalalkan bagi seorang laki-laki terhadap istrinya yang
sedang haid. Beliau menjawab: Apa yang ada di atas kain. Diriwayatkan dan
dianggap lemah oleh Abu Dawud.
َوَعَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَتِ
اَلنُّفَسَاءُ تَقْعُدُ فِي عَهْدِ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم بَعْدَ
نِفَاسِهَا أَرْبَعِينَ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ وَاللَّفْظُ
لِأَبِي دَاوُد
Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu
berkata: Wanita-wanita yang sedang nifas pada masa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa
Sallam meninggalkan shalat selama 40 hari semenjak darah nifasnya keluar.
Riwayat Imam Lima kecuali Nasa'i dan lafadznya dari Abu Dawud.
َوَفِي لَفْظٍ لَهُ ( وَلَمْ يَأْمُرْهَا اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
بِقَضَاءِ صَلَاةِ اَلنِّفَاسِ ) وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِم
Dalam lafadz lain menurut riwayat Abu Dawud: Dan Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak menyuruh mereka mengqadla shalat yang
mereka tinggalkan saat nifas. Hadits ini shahih menurut
Hakim.
0 komentar:
Post a Comment
Udah baca artikel nya? Gimana pendapat kalian? Ayo comment selama masih gratis haha. Jangan jadi silent reader bro :)