Tuesday, January 07, 2014
0

Mengapa Format Surat Lamaran Berpengaruh............?

Format lamaran berpengaruh Karena ternyata, ketika Anda mengirimkan lamaran  tidak Semua Lamaran Dibaca.  Kenyataannya, perekrut tidak selalu membaca semua lamaran. Perekrut terlalu sibuk. Bahkan, kalau ia membaca lamaran, waktunya hanya 30 sampai dengan 120 detik.  Itulah sebabnya AIDA bilang, lamaran profesional cirinya mampu menarik perhatian dalam 10 detik pertama.

Ambil satu kaleng susu yang penyok, kotor dan robek lalu yakinkan pada pembeli di toko Anda, bahwa isinya sama sekali tidak rusak.  Akankah pembeli percaya?   Secara psikologis, manusia menilai berdasarkan penampilan.  Dan perekrut adalah manusia.

Daftar lamaran yang buruk, tidak memunculkan persepsi kualitas diri pelamar (berdasarkan yang Saya temui).  Ada 16 jumlahnya.  Dan inilah daftar tersebut:
  1. Menggunakan tulisan tangan. Secara psikologis tulisan tangan memang bisa mencerminkan kepribadian seseorang.  Selain tidak ada atau semakin langka ahli grafologi (ilmu analisis tulisan tangan)  di perusahaan-perusahaan,  tulisan tangan tidak ada nilai lebihnya. 
  2. Menggunakan kertas folio ganda bergaris (double folio) atau mengisi blanko yang dijual di toko-toko. 
  3. Surat lamaran fotokopi, bukan asli.  Anda ingin menghemat, tetapi, penghematan tersebut justru menjadi tidak berarti sama sekali, karena lamarannya langsung disingkirkan . 
  4. Salah menyebut  nama atau jabatan   dan divisi, departemen atau bagian seleksi rekrutmen perusahaan yang dituju.  Anda tentu tak ingin nama Anda salah eja kan. 
  5. Tidak mencantumkan data-data lengkap (nama tidak sesuai ijazah, alamat tidak lengkap atau tanpa nomor telepon), sehingga perusahaan kesulitan menghubungi Anda. 
  6. Tidak    mencantumkan   kode  jabatan / posisi  yang dilamar  sehingga perusahaan tidak tahu, untuk apa dan ke mana lamaran Anda akan diproses. 
  7. Foto dipersiapkan seadanya, tidak dengan pakaian  rapi dan formal. 
  8. Foto yang dilampirkan tidak sopan. Bagi Anda para wanita yang cantik, jangan mengirimkan foto dengan pakaian terbuka. Foto Anda dapat beredar di meja-meja manajer dan menimbulkan senyum-senyum kecil di wajah para manajer.  Setelah itu lamaran Anda akan berakhir di mesin penghancur! Masalah bagi  pelamar wanita ialah foto yang merangsang atau malah tampak sepeti ibu-ibu. 
  9. Bagi pelamar pria masalahnya ialah foto dengan dada setengah terbuka, kancing baju bagian atas dilepas, rambut yang urakan, telinga atau hidung beranting, kumis dan cambang yang tidak terawat. Foto-foto semacam ini niscaya menimbulkan kesan pelamar tidak profesional dan tidak dapat diandalkan.  Atau bahkan Anda sudah berdasi dan jas tetapi raut wajah Anda kelihatan kaget, kurang menjiwai jas dan dasi yang Anda kenakan. 
  10. Foto  dihetter atau  distaples (tidak dapat dilepas). 
  11. Menyertakan lampiran yang kurang perlu (sertifikat tak bernilai jual, keikut-sertaan seminar, dll) 
  12. Dokumen tidak lengkap. Beberapa perusahaan memilih tidak beresiko memproses lamaran yang tidak lengkap dokumennya. 
  13. Memanfaatkan referensi  secara berlebihan. Ingat,  secara berlebihan.  (Saya mengenal Bapak A, B, C, D di perusahaan ini.  Saya yakin Saya diterima karena Bapak pasti mengenal Bapak Z, kan?).  Dalam banyak kasus, cara semacam ini menurunkan kualitas pelamar. 
  14. Lamaran dikirim dengan amplop kecil dan terlipat-lipat.  Membuat malas dibaca. Alamat di amplop   ditulis  tangan.    Ini  benar-benar menurunkan nilai lamaran Anda. 
  15. Surat lamaran (dan daftar riwayat)  dibuat dengan mengisi formulir lamaran kerja yang dijual di pasaran. Efeknya mengesankan Anda melamar kerja dengan wawasan yang sangat miski. 
  16. Surat lamaran dijilid. Ini akan mengundang lebih banyak guyonan dari pada kesan bahwa Anda rapi.
Untuk apakah semangat Anda, bekerja atau membuat lamaran?
Ini hanya sedikit contoh. Selain daftar di atas, Anda pun bisa menambahkannya berdasar pengalaman Anda.  Ingatlah daftar ini baik-baik.  Simpanlah.  Seumur hidup, sepanjang Anda mencari for a better career  Anda akan membutuhkannya. 

0 komentar:

Post a Comment

Udah baca artikel nya? Gimana pendapat kalian? Ayo comment selama masih gratis haha. Jangan jadi silent reader bro :)